Mengenal Bisnis: Pengetahuan Dasar Bisnis

Mengenal Bisnis
art vector by pch.vector (freepik)

BISNIS memiliki pengaruh dalam perekonomian negara. Dalam tujuan-tujuan yang ada, dapat membantu perekonomian negara menjadi lebih baik.

Saat ini bisnis pun telah merebak di era digital. Dalam lingkungan sekitar, kita akan menemukan berbagai bentuk bisnis yang beragam.

Seseorang dapat membuka bisnis atau bekerja di bawah pelaku bisnis untuk bertahan hidup sehari-hari. Sebab, adanya bisnis seseorang dapat bekerja dan menghasilkan.

Kali ini aku mau ajak teman-teman sekalian mengulas dan mempelajari tentang mengenal bisnis. Yok, kita sama-sama belajar!

MENGENAL BISNIS

Tentu kita semua udah tidak asing lagi dengan kata bisnis. Biasanya kita akan menemukan kata bisnis di teve atau di sebuah seminar.

Dalam KBBI, bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang. Sementara dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Secara luas, bisnis dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan oleh pelaku bisnis mengandalkan barang atau jasa hingga terjadi transaksi dan meraih keuntungan—baik bagi produsen dan konsumen.

Syarat bisnis itu sendiri adalah adanya barang atau jasa, serta orang pelaku yang berdagang dan bertransaksi. Dengan begitu, maka akan terjadi yang namanya bisnis.

ilmu bisnis
edit by canva 

MENGENAL BISNIS DENGAN PARA PELAKUNYA

Mengenal bisnis, artinya kita mesyi juga nih mengenal para pelaku bisnis.

1. Enterpreneur

Enterpreneur adalah pelaku bisnid yang mengandalkan bakat khusus dan ide-idenya dalam mengelola sebuah produk baik barang atau jasa. Selain itu, dia akan menggunakan ide kreatif dan inovatif dalam menciptakan sebuah produk.

Tentunya hal itu memiliki risiko dan rintangan yang besar. Akan tetapi, di saat seorang entrepreneur dapat melalui hambatan tersebut, maka dis akan andal dan mendominasi pasar.

Pelaku bisnis entrepreneur ini memiliki beberaps jenis di antaranya:

  • Technopreneur, pelaku bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan informasi. Dengan peluang yang dilihat, akan dimanfaatkannya untuk membantu orang-orang sesuai dengan bidangnya.
  • Foodpreneur, sesuai dengan namanya, pelaku bisnis satu ini akrab dengan bidang kuliner.
  • Mompreneur, yany unik dari pelaku bisnis ini adalah pelakunya sendiri seorang ibu. Hal ini guna membuktikan bahwa seorang ibu bisa independen dan tetap dapat melakuksn bisnis, menjadi kreatif dan inovatif di tengah-tengah kesibukannya menjadi kuliner.
  • Ecopreneur, ialah pelaku bisnis yang bersahabat dengan lingkungan alam sekitar. Biasanya mereka skan menciptakan produk ramah akan lingkungan atau eco friendly.
  • Sociopreneur, seorang entrepreneur yang tidak hanya mengedepankan hasil untung, tetapi juga seraya memberikan manfaat bagi para konsumen.

Nah, apakah kamu seorang entrepreneur? Kalau iya, termasuk jenis yang mana nih? Kalau bukan, kamu ingin jadi entrepreneur yang seperti apa sih?

2. Pengusaha

Loh, bukannya entrepeneur itu sama dengan pengusaha, ya? Beda, guys. Di mana perbedaannya? Yok kita baca lebih dahulu pengertian pengusaha.

Memang enterpreneur dan pengusaha punya tempat yang sama di bisnis. Akan tetapi, pengusaha memiliki arti pelaku bisnis dengan menggunakan ide yang sudah ada.

Artinya, para pengusaha memiliki risiko yang rendah karena sudah memiliki gambaran dari usaha yang sudah ada sebelumnya. Hingga mereka dapat memperhitungkannya pro dan kontra saat mengatur strategi usaha.

3. Investor

Saat ini istilah investor sudah sangat familiar. Sebsb, siapa pun bisa menjadi pelaku bisnis sebagai seorang investor.

Investor adalah pelaku bisnis yang menanamkan modal ke suatu perusahaan dengan tujuan jangka panjang serta memaksimalkan keuntungan berupa pengembalian.

Dalam melakukan investasi pun memiliki risiko tersendiri. Maka diharapkan bagi kita semua untuk mengenali jenis investasi yang valid agar tidak tertipu dan uang yang dikeluarkan tidak mengalami kerugian.

4. Bussiness Partner

Bussiness Partner adalah pelaku bisnis menggunakan sistem kerja sama dengan investor. Bussiness Partner disebut juga dengan mitra bisnis, terikat dengan kontrak.

Mitra bisnis ini tentunya dijalankan dengan legal, keuntungannya pun dibagi bersama-sama. Bussiness partner juga dapat membantu sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan.

Bussiness Partner memiliki beberapa peran yaitu:

  • Bussiness Value Creator, peran ini mengacu terkait cara dalsm berorganisasi sebingga diharapkan dapat mendatangkan untung baik jangka pendek maupun jangka panjang dalam bisnis.
  • Policy Implementer, peran ini mengacu pada aturan kebijakan ysng meliputi ketaatan kepatuhan selama melakukan proses bisnis.
  • Technical Specialist, peran ini mengandalkan keahlian yang dipelajari dan melakukan eksplorasi untuk dapat memberi dampak pada terhadap pengembangan bisnis.
  • Functional Intermediator, peran selanjutnya mengacu pada relasi yang luas, mengandalkan jaringan baik pemasok ataupun distributor. Sehingga dengan adanya peran tersebut dapat membantu kebutuhan perusahaan.

MENGENAL BISNIS DENGAN TUJUANNYA

Kita semua tahu bahwa bisnis memiliki tujuan utama untuk mendapatkan keuntungan. Namun, di samping tujuan tersebut dibutuhkan pula tujuan-tujuan yang menopang agar bisnis berjalan dengan baik.

Pelaku bisnis sebagai produsen akan selalu membutuhkan konsumen. Maka dari itu, tujuan ini tidak hanya berada di sisi pelaku bisnis, tetapi juga para konsumen.

Tujuan bagi pelaku bisnis:

  • Meraih keuntungan
  • Ajang aktualisasi diri sebagai pebisnis
  • Menjaga eksistensi perusahaan
  • Memenuhi kebutuhan hidup
  • Menyejahterakan keluargs
  • Menambah pengalaman dan prestasi

Tujuan bagi masyarakat umum

  • Mendapatkan lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pelaku bisnis
  • Mendapatkan kebutuhan produk baik barang dan jasa yang terpenuhi melalui pelaku bisnis
  • Masyarakat menjadi sejahtera karena pertumbuhan ekonomi yang meningkat

MENGENAL BISNIS DENGAN FUNGSINYA

Dalam bisnis maka membutuhkan nilai-nilai dalam prosesnya. Hal inilah merupakan fungsi dari bisnis yaitu membuat sesuatu yang tidak bernilai menjadi memiliki nilai jual yang menguntungkan.

Namun, fungsi bisnis itu terbagi menjadi beberapa bagian, yakni:

1. Form Utility

Fungsi ini berkaitan dengan sebuah pembuatan produk sehingga menjadi punya nilai dan manfaat ketika diubah bentuknya. Misalnya seperti kayu yang diubah menjadi kegunaan lemari, pintu, kursi, atau perabotan rumahrumah.

2. Place Utilty

Yaitu fungsi yang mendistribusikan barang stau jasa ke tempat yang dibutuhkan para konsumen sehingga produk tersebut memiliki niai. Misalnya pendistribusian kain dari perusahaan logistik ke konveksi yang dapat dijangkau oleh masyarakat.

3. Time Utilty

Fungsi yang satu ini mengandalkan waktu yang tepat untuk membuka peluang usaha. Misalnya saja ketika hujan akan ada penyedia jasa payung atau jas hujan atau seperti kuliner ketika ngabuburit di saat bulan puasa.

4. Possesive Utility

Yaitu fungsi yang dapat membuat produk baik barang atau jasa menjadi berfungsi jika diolah oleh tangan yang tepat. Ketika dia membeli sebuah produk, kemudian dia Memiliki kuasa penuh atas produk tersebut. Misalnya, seorang gitaris yang membeli gitar, seorang pemain bola yang membeli bola.

MENGENAL BISNIS DENGAN JENISNYA

Mengenal bisnis selanjutnya adalah mengetahui jenis-jenis dari bisnis itu sendiri. Bisnis memiliki bentuk yang beragam jenisnya sesuai dengan ide kreatif dan inovatif dari para pelaku bisnis.

Bisnis sendiri memiliki jenis yang dibagi dalam dua kategori, yakni:

1. Berdasarkan Aktivitas

Bisnis ini mengandalkan aktivitas-aktivitas yang biasanya membutuhkan tenaga seseorang. Bisnis Berdasarkan aktivitas ini meliputi:

  • Bisnis Ekstraktif, yaitu bisnis yang membutuhkan Aktivitas penggalian seperti pertambangan. Biasanya mereka akan menggali suatu kandungan yang beradab di dalam oerut bumi.
  • Bisnis Agraria, bisnis ini bergerak di bidang pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, dan kehutanan.
  • Bisnis Industri, bergerak di bidang industri manufaktur, misalnya industri permen, tekstil, kapal, dll.
  • Bisnis Jasa, mengandalkan kemampuan yang dimiliki seseorang menghasilkan produk, terapi bukan bentuk fisik. Seperti jasa asuransi, jasa kesehatan, pariwisata, dll.

2. Berdasarkan Motif

  • Bisnis Berorientasi, yaitu bisnis yang memiliki keuntungan yang berorientasi pada CV. Firma, perusahaan perorangan, dll.
  • Bisnis Tidak Berorientasi, disebut juga bisnis nirlaba. Biadsnya meraih keuntungan pada yayasan, lembaga swadaya masyarakat, dll.

MENGENAL BISNIS DENGAN MANFAATNYA

Ketika pelaku bisnis menjalankan usahanya, selain mendapatkan keuntungan, dia juga mendapat manfaat tersendiri. Jika kamu mengenal bisnis dan bergelut dengan tekun di bidangnya, maka kamu akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Menjadi bos dan pemimpin yang baik
  • Masa depan terjamin
  • Dapat manajemen waktu yang baik
  • Menggaji diri sendiri dan orang lain
Meraih prestasi dan penghargaan

Mau enggak ya?
art vector by pch.vector (freepik)

Wah, ternyata seru juga, ya, cari tahu dan mengenal bisnis secara basic. Aku pribadi jadi menambah pengetahuan tentang bisnis karena sebelumnya tidak begitu tahu tentang bisnis.

Semoga artikel ini juga dapat memberi manfaat bagi teman-teman sekalian, ya!

Oh, ya, setelah mengenal bisnis dari artikel ini, apakah kamu ada niat untuk menjadi salah satu pelaku bisnis? Kalau iya, mau jadi apa dan mengapa?

Namun, yang terlengkap dalam melakukan bisnis adslah usaha dan doanya. Siapa pun dapay membuka usaha, berbagai kalangan memiliki peluang dalam hal ini. Hanya saja, proses setiap orang pasti berbeda selama tidak menyerah.

Untukmu yang sudah mengenal bisnis dan ingin atau sudah bergelut di bidangnya, semangat berusaha, ya!

Referensi:

https://podomorouniversity.ac.id/perbedaan-pengusaha-dan-entrepreneur/#:~:text=Dilansir%20dari%20Hashmicro%2C%20seorang%20entrepreneur,memasarkannya%2C%20hingga%20mengelola%20modal%20operasional

https://kamus.tokopedia.com/i/investor/

https://www.ekrut.com/media/business-partner

https://money.kompas.com/read/2022/11/02/065735726/bisnis-pengertian-tujuan-jenis-bentuk-dan-contohnya?page=all#:~:text=Secara%20umum%2C%20tujuan%20bisnis%20adalah,pengakuan%2C%20dan%20kepercayaan%20dari%20masyarakat

https://sarjanaekonomi.co.id/bisnis/

https://www.bola.com/ragam/read/4588305/pengertian-bisnis-tujuan-fungsi-jenis-dan-manfaat-yang-diperoleh

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url