Sempurnakan Harimu dengan Doa-Doa Rutin Ini!

MENJALANI KEHIDUPAN artinya tidak luput dari kegiatan-kegiatan atau rutinitas sehari-hari yang berulang setiap harinya. Namun, apakah kamu masih ingat bahwa kegiatan kita itu tidak lepas dari doa-doa rutin yang telah dianjurkan oleh Allah تعالا? Mungkin sebagian dari kita lalai akan hal penting ini karena sudah terbiasa untuk tidak menyertainya. Bagaimanapun, Rasulullah ﷺ telah menganjurkan untuk melakukan segala sesuatu dengan doa.  

Dari kita bangun tidur, lalu bergegas mandi, keluar rumah, pulang ke rumah, sampai tidur lagi. Semua itu diharapkan ada doa-doa rutin yang mesti kita ucapkan supaya terdapat pahala di dalamnya. Wah, ternyata dengan menjalani aktivitas rutin pun Allah تعالا sudah menjanjikan pahala dari doa-doa yang kita laksanakan. Kamu tahu enggak sih, kalau Allah تعالا menyukai ibadah yang bersifat kontinu? Sebab, ibadah yang kontinyu dapat mengumpulkan pahala kita hari demi hari. 

’Aisyah radhiyallahu ’anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya." [HR. Muslim]

Bahkan Rasullullah ﷺ pun telah mengatakan seperti hadits seperti yang disampaikan oleh 'Aisyah rahiyallahu 'anha di atas. Apakah kita masih mau lalai juga dalam melakukan amalan kontinu seperti salah satunya menunaikan doa-doa rutin yang cukup mudah sebenarnya. Banyak sekali doa-doa rutin yang dapat kita tunaikan karena banyak pula aktivitas sehari-hari yang kita lakukan, salah satunya doa ketika bercermin, memakai pakaian, hal terkecil seperti masuk kamar mandi pun Allah تعالا ajarkan dalam islam. 

Kali ini aku hanya akan membahas beberapa doa-doa rutin yang kita sudah pasti lakukan. Harapannya semoga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mula hari ini, ya. 


MENYEMPURNAKAN KEGIATAN RUTIN DENGAN DOA-DOA RUTIN 


1. Akan dan bangun dari tidur

Dalam memulai dan merehatkan diri dari aktivitas sehari-hari, sebagai manusia sudah seyogyanya membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Salah satunya yang harus dilakukan ada tidur. 

Ketika seharian telah lelah dengan aktivitas penuh, maka kita harus pergi tidur. Sebelum pergi tidur, tentunya kita harus membaca doa rutin supaya tidur kita menjadi berkah. Bacalah doa ini:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأموتُ

"Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku hidup dan aku mati."

Selain itu, terdapat adab-adab sebelum tidur salah satu seperti berwudhu. 

Saat bangun tidur diharapkan badan terasa segar dan bugar, tetapi jangan pernah lupa untuk membaca doa bangun tidur ini, ya!

الحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَ إِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”

Keduanya dijelaskan dalam sebuah hadits berikut. 

عَنْ حُذَيفَةَ ، وَأَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالاَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إِذَا أوَى إِلَى فِرَاشِهِ ، قَالَ : (( بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأموتُ )) وَإذَا اسْتَيقَظَ قَالَ :(( الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَحْيَانَا بعْدَ مَا أماتَنَا وإِلَيْهِ النُّشُورُ )) . رَوَاهُ البُخَارِي

Dari Hudzaifah dan Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhuma, mereka berdua berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika hendak tidur, beliau mengucapkan, ‘BISMIKA ALLOOHUMMA AHYAA WA AMUUT’ (dengan menyebut nama-Mu Ya Allah, aku hidup dan aku mati) dan apabila beliau bangun, beliau mengucapkan, ‘ALHAMDU LILLAHILLADZI AHYAANAA BA’DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR’ (segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami kembali).” [HR. Bukhari]


2. Ketika masuk rumah, keluar rumah, dan bepergian 

Setelah aku melakukan riset, ternyata terdapat beberapa bacaan yang dapat kita baca untuk aktivitas yang saling berkaitan ini. Ketika kita keluar dari rumah bepergian tentu kita berharap untuk dapat selamat sampai tujuan tanpa dihadapi dengan marabahaya dan malapetaka yang menimpa selama di perjalanan. Maka kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ini.
بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

*Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.*
Doa tersebut mestinya amat mudah dihapalkan, tetap masih banyak pula yang lalai untuk sekadar membacanya. Seeprti yang kita tahu, bahwa hal itu dapat menjadi manfaat bagi diri kita sendiri. 
Begitu juga dengan ketika akan kembali, kita berharap untuk dapat pulang dengan selamat dan menyambut keluarga dengan bahagia. 

Jumhur ulama mengatakan, ketika kita akan memasuki rumah dianjurkan untuk mengucapkan salam. Pun, ketika kita mendapati seseorang memasuki rumah dan mengucapkan salam, hendaknya kita membalas dengan ucapan sempurna atau lebih baik atau dengan yang semisal. Membalas dengan ucapan sempurna dan lebih baik itu hukumnya sunnah, semengara membalas ucapan salam dengan yang semisal maka hukumnya wajib. (Shahih Al Adab Al Mufrod, 3: 219).

Misalnya, ketika seseorang pulang dan memasuki rumah lalu mengucapkan, "assalamu'alaikum warahmatullah." ucapan lebih baik dan sempurna adalah "assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh." dan yang semisal adalah "assalamu'alaikum warahmatullah."
Hal itu diperkuat oleh dua ayat Al-Qur'an berikut ini:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS. An Nur: 61)

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).” (QS. An Nisa’: 86)

3. Masuk dan keluar dari masjid

Banyak kegiatan-kegiatan yang mengharuskan jita berada di luar rumah, seperti bekerja, belajar di sekolah, makan siang atau makan malam di luar. Apa pun itu, sebagai umat muslim hendaknya tidak abai terhadap panggilan Allah Ketika suara azan berkumandang. Saat itu pula kita harus bergegas menuju rumah Allah untuk melakukan salat berjamaah, terutama bagi pria. 

Jika masuk dan keluar rumah saja harus mengucapkan salam dan doa, begitu pula ketika kita hendak masuk dan keluar dari rumah Allah  تعالا baik masjid ataupun musala. Untuk membacanya pun terdapat keutamaan yang dapat kita raih. 
بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu).” [HR. Ibnu Majah]
Bacalah doa teesebut seraya memasuki masjid dengan kaki kanan lalu mengucapkan salam hingga terdengar oleh penghuninya. Manfaat yang terkandung dalam amalan doa tersebut sebagaimana telah dipaparkan dalam buku Zikir dan Doa Penghuni Surga yang disusun oleh Supriyadi. Di sana disebutkan bahwa amalan doa rutin tersebut merupakan bentuk munajat kita kepada Allah تعالا supaya dibukakan pintu Rahmat-Nya. 

Setelah singgah di rumah Allah, untuk beranjak dan keluar dari masjid terdapat pula beberapa doa yang dapat dibaca. 
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari karunia-Mu. [HR. Muslim]
وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ
اَللَّهُمَّ اعْصِمْنِيْ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

“Semoga shalawat dan salam terlimpahkan kepada Rasulullah.
Ya Allah, peliharalah aku dari godaan setan yang terkutuk.” [HR. Ibnu Majah]

4. Akan dan sesudah makan

Makan menjadi kegiatan paling dibutuhkan dan umum yang harus dilakukan setiap orang karena dapat menjadi sumber energi. Selain sebagai sumber energi, makanan juga dapat menjadi amalan yang mendatangkan pahala dan menjadi berkah apabila kita membaca doa sebelum dan sesudahnya, lho. Benar-benar sangat mudah bukan untuk mengumpulkan pahala dimulai hal-hal kecil seperti ini?

Tahukah kamu, bacaan doa sebelum makan sangatlah mudah? Yaitu hanya dengan membaca bismillah, setelah itu kita langsung makan menggunakan tangan kanan. Hal ini dijelaskan dalam hadits berikut. 
يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ » . فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ

“Wahai Anakku, bacalah “bismilillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. [HR. Bukhari]
Cukup mudah, bukan? Lalu bagaimana kalau ternyata kita lupa untuk memulai membaca doa, sementara kita sudah makan beberapa sendok? Tenang saja, sebab, kamu tetap membaca doa dan melanjutkannya. Namun, ada perbedaan bacaannya, ya. Yuk, kita simak hadits berikut:
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنْ نَسِيَ فِي أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

“Apabila salah seseorang dari kalian hendak makan, maka ucapkanlah bismillah. Apabila lupa maka ucapkanlah, “Bismillahi Awwalahu wa Aakhirohu” (Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhir).” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)
Jika sudah selesai makan, kita bisa mengucapkan hamdalah atau membaca doa berikut:
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ

“Segala puji bagi Allah Yang memberi makan ini kepadaku dan Yang memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku.” [HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibn Majah]

5. Masuk dan keluar kamar mandi

Islam adalah agama yang suci, memperhatikan kebersihan mulai dari hal terkecil seperti dianjurkan membaca doa ketika masuk maupun keluar kamar mandi. Seperti yang kita tahu, bahwa kamar mandi merupakan tempat bagi para setan-setan bersemayam. Salah satu adabnya juga, ketika akan memasuki kamar mandi, melangkahlah menggunakan kaki kiri dan keluar nenggunakan kaki kanan. Jangan lupa juga untuk membaca doa-doa ini, ya!

Sebelum membaca doa, mulailah dengan membaca basmalah supaya aurat kita tidak dapat dilihat oleh para penghuni kamar mandi 
ستر ما بين أعين الجن وعورات بني آدم إذا دخل أحدكم الكنيف أن يقول باسم الله

“Penutup pandangan jin kepada aurat manusia adalah, jika kalian masuk WC maka ucapkan bismillah (arti : dengan menyebut nama Allah)” [HR. Tirmidzi]
Setelah itu barulah kita membaca doa berikut sebelum melangkahkan kaki kiri. 
اللهم إني أعوذبك من الخبث والخبائث

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepada Engkau dari Khubuts dan Khobaa’its.”
Doa keluar kamar mandi juga amatlah mudah dan pendek. Seharusnya hal ini tidak dilalaikan. 
غُفْرَانَكَ

“Ya Allah, hamba memohon ampunan Mu”

Kamu juga dapat menambahkan dengan doa ini: 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي

“Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari ku dan yang telah menyehatkan ku”

Nah, itu dia doa-doa rutin yang dapat kita semua amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebetulnya banyak sekali doa-doa dalam kehidupan sehari-hari yng dapat kita lakukan untuk memupuk pahala melalui amalan-amalan rutin yang kontinu karena Allah تعالا msncintai amalan yang rutin dan kita konsisten terhadapnya. 

Namun, beberapa poin doa-doa rutin di atas saja kebanyakan kita masih lalai dalam mengamalkannya. Harapannya, kita dapat membiasakan diri dimulai dari mengamalkan doa-doa rutin tersebut setiap harinya. Bukankah doa-doa tersebut amat mudah dan dapat diterapkan, ya! 

Referensi:

https://rumaysho.com/17381-doa-akan-dan-bangun-tidur.html

https://rumaysho.com/550-di-balik-amalan-yang-sedikit-namun-kontinu.html

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/berita-terkini/doa-masuk-masjid-sesuai-sunnah-rasulullah-serta-manfaatnya-1wZxMZaSOEl

https://rumaysho.com/13922-sudah-amalkan-adab-pergi-ke-masjid.html

https://yufidia.com/7294-serial-doa-doa-keluar-masjid-seri-2.html

https://yufidia.com/7289-serial-doa-doa-keluar-masjid-seri-1.html

https://muslim.or.id/23494-fikih-bismillah-sebelum-makan.html

https://yufidia.com/7159-serial-doa-doa-setelah-makan.html

https://muslim.or.id/61695-rahasia-di-balik-doa-masuk-wc.html

https://bimbinganislam.com/doa-masuk-kamar-mandi-keluar/

Next Post Previous Post
8 Comments
  • Amelia
    Amelia 6 Juli 2022 pukul 18.50

    MasyaAllah, kak Vina panutan banget. Terima kasih sudah nulis ini kak. Jadi pengingat juga untuk aku kakk

    • sudut pandang vina
      sudut pandang vina 27 Juli 2022 pukul 19.14

      Alhamdulillah, yaaa. ^^

  • Nita
    Nita 6 Juli 2022 pukul 20.00

    Keren nih Kak Vina, betul, ya, kita mengerjakan amalan ringan tapi pahalanya besar, so knp TDK selalu menerapkannya, harusnya jangan pernah luput ya. Thanks Ka Vina.

    • sudut pandang vina
      sudut pandang vina 27 Juli 2022 pukul 19.15

      Iyak mestinya jangan pernah kepas dari hal kecil ini.

  • siti nurhayati
    siti nurhayati 7 Juli 2022 pukul 16.43

    Setuju sekali.. Amalan yang mungkin bernilai pahala sedikit di hadapan manusia ternyata memiliki dampak besar untuk kita di akhirat kelak jika dilakukan setiap hari secara kontinyu

    • sudut pandang vina
      sudut pandang vina 27 Juli 2022 pukul 19.15

      Betul, Kak, sayangnya masih banyak dari kita yang lalai.

  • Sulanti
    Sulanti 7 Juli 2022 pukul 20.24

    Setujuh banget kak, dalam keadaan dan situasi apapun kita harus melibatkan yang maha kuasa salah satu cara untuk melibatkannya yaitu dengan berdoa dan berdoa terus

    • sudut pandang vina
      sudut pandang vina 27 Juli 2022 pukul 19.16

      TRUEEEE!!!!

Add Comment
comment url