ngomongin soal selera.


๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

karena gue tidak bisa dan tidak boleh menjatuhkan orang lain, maka izinkanlah gue berekspresi melalui tulisan yang absurd. 

selamat membaca dan menyimak.

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

๐Ÿฆ PENGANTAR KATA ๐Ÿฆ

sesekali pengin sharing di sini. mau coba sharing tentang 'selera'. hal ini gue pelajarin ketika masuk dan jadi bagian dari fanbase-nya Alvin, ofkors Allve. ๐Ÿ˜‚

mungkin, dulu kala. gue adalah orang yang berpikiran, "Kenapa selera orang Indonesia begini, ya?" 

haha, sekarang pikiran itu udah pergi bersama sisi jahatnya. ๐Ÿ˜Š

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

๐Ÿฆ PEMBUKA ๐Ÿฆ

dulu, gue adalah anak SD yang kalau pulang sekolah harus nonton idola Cilik 123—abis itu udah enggak setia lagi, haha.

tiba-tiba salah teman di Twitter posting kalau Alvin ikutan XFI. sebagai ICLovers, darah bocil gue yang tertidur, bangkit, dong. Alvin si juara 3 IC 3, walaupun dulu idolain Lintar, tapi sekarang gue harus dukung Alvin karena dia adalah alumni Idola Cilik. pokoknya gue excited banget.

ketika itu, cuma berpikir dukung Alvin karena dia alumni IC. sampai tiba waktunya audisi XFI tayang, and then Alvin sing a song like ... PLIS, GUE JATUH CINTA SAMA SUARA DAN STAGE ACT-NYA ALVIN, DONG!

entah sihir apa yang dia pakai, tetapi yang jelas bukan karena ketampanannya. FYI, gue kalo idolain seseorang enggak lihat tampang, ya, brosis. ☺️

intinya, di situlah awal mula tertarik untuk idolain Alvin Jonathan Sindhunata, sampai masuk ke komunitas fanbase yang mana hal ini pertama kalinya gue lakukan dalam mengidolakan seseorang. 

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

๐Ÿฆ ISI ๐Ÿฆ

Sebelum masuk ke inti, biarkan gue menceritakan tentang betapa alay-nya gue membandingkan secara tidak akhlakless tingkatan. seakan-akan hanya selera gue yang bagus dan berkualitas, sementara selera orang lain yang enggak sama dengan gue itu, alay—padahal gue yang alay, haha. 

sampai akhirnya masuk di grup chat TEAM ALLVE. di sanalah asumsi gue tentang definisi selera terbuka nyata, terpampang jelas, dan telah menggebuk jiwa-jiwa gue yang alay. 

gue akan ceritakan. 

kita semua tahu, mungkin mata bisa mendeteksi terkait good looking seseorang (ah, omong-omong soal good looking, setelah ini gue mau sharing soal good looking dalam sudut pandang gue, deh). orang-orang bilang Alvin cuma modal tampang doang kualitas nol.

๐Ÿ˜Š☺️๐Ÿ˜๐Ÿ™‚๐Ÿฅฒ๐Ÿคจ๐Ÿ˜๐Ÿ˜’๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ก

tolong, buat Anda-anda yang bilang Alvin modal tampang perhatiin transisi dari satu ekspresi ke ekspresi lainnya dan Anda akan menemukan wajah merah yang artinya ... AKU TUH KESEL, YA, MARAH, YA, PENGEN GEBUG, YA. tapi, enggak jadi karena aku adalah Allve yang berslogan SPREAD LOVE, NO HATE. pun, Alvin sendiri bilang jangan menjatuhkan orang lain. nah, gue enggak mau jatuhin Anda-anda yang mencoba menjatuhkan Alvin, hihi. 

baik, 'kan, aku?

IN MY OPINION, Alvin punya kualitas. bukan cuma dari segi vokal yang super berkarakter dan hanya Alvin yang punya, melainkan juga dari performa terkait konsep dan ide yang selalu memukau di setiap penampilannya sampai sejauh ini. Alvin punya bintang bersinar dari raport Idola Cilik, haha canda bintang. Alvin memang punya aura bintang, musisi senior mengakui itu, lho. bahkan seorang Mas Anang yang super kritis terhadap kontestan kaum adam beralih Teralvin-alvin. 

Anda-anda yang tidak Teralvin-alvin, ya, bukan masalah dan enggak salah. apakah Anda tahu karena apa?

JAWABAN ANDA SALAH, bukan karena Alvin tydac bagus dan hanya modal tampang. (gue manahan diri untuk tidak menggebug)

Jawabannya adalah karena SELERA KITA BERBEDA. 

lalu, apa itu artinya salah satu selera dari kita rendah? TENTU TIDAK, YA, BESTIE

nah, ini poin penting. isian yang penting dan pengin gue bahas.

sebelum itu gue minta Anda ini untuk unduh KBBI. kita akan mencari tahu definisi 'selera' secara harfiah. akan tetapi, tidak apa-apa jika tidak mau diunduh karena aku akan menampilkan pengertian selera menurut KBBI di bawah ini. 


dari sekian banyak makna, mari kita bahas poin nomor 3. 

kesukaan, kegemaran; akhirnya semua itu bergantung pada - masing-masing. 

dari situ paham, 'kan, ya. kita ini punya kesukaan dan kegemaran yang berbeda. lalu, apakah kesukaan kita ini ada yang rendah?

coba, lihat poin gabungan kata. bahkan, KBBI menolak suku kata selera rendah.

 paham, kan. :( 

selera kita itu enggak salah, tetapi gengsi Anda yang ketinggian. mungkin Anda terlalu sibuk meremehkan selera orang lain yang tidak sama dengan Anda, sampai akhirnya Anda tidak sadar bahwa hal itu membuat Anda lupa setiap orang berhak dengan seleranya sendiri. 

gue akui, dulu, gue pernah berada di kaum yang suka judge 'modal tampang' tapi menutup mata dan telinga untuk melihat kualitas dari seseorang yang gue bilang modal tampang itu. hal itu, membuat gue justru merasa enggak berkualitas karena menjatuhkan orang lain. 

atau bahasa kekiniannya itu, TOXIC

lalu, apa yang bikin gue akhirnya keluar dari kaum toxic itu? ya, gue belajar secara alami ketika gue menjadi bagian dari TEAM ALLVE. di awal gue menjelaskan bahwa kualitas suara, kualitas performa, kualitas aura bintang sudah mem-validasi bahwa gue mengidolakan seorang Alvin. lalu suatu hari, datanglah suatu kaum yang berseru, "Alvin modal tampang doang, suara b aja!"

'kan pengen gebug, lagi, gue. 

HEII ANDA-ANDA. belajar dari gue, deh. jangan mikirin fisik sampai akhirnya buta bahkan kasat akan kualitas. 

tolong, ya. INI SEMUA TENTANG SELERA YANG MAKNANYA KESUKAAN/KEGEMARAN. 

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

๐Ÿฆ PENUTUP ๐Ÿฆ

siapa pun berhak berdiri di atas seleranya. menjatuhkan selera tentu adalah hal yang salah dan tidak tepat karena selera tidak akan pernah jatuh. selera itu seperti kumpulan awan-awan di langit, sama-sama tinggi. Langkah yang baik dan juga tepat serta tentunya langkah yang akhlakless adalah MENGHARGAI. se-simpel itu ternyata, saudaraku. 

mari belajar dari hal kecil. tidak semua orang harus memiliki selera yang sama, bagaimanapun kita adalah makhluk yang bervariatif dan kreatif. menjatuhkan itu sama sekali tidak kreatif, bung. 

so, gue merasa bangga menjadi bagian dari Allve yang udah kasih banyak sekali pelajaran yang bisa diterapkan dalam segala aspek kehidupan gue. senang kenal dengan TEAM ALLVE. dan bangga karena Alvin udah sejauh ini. :")

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ SPREAD LOVE, NO HATE ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ


Next Post Previous Post
4 Comments
  • Ayuka
    Ayuka 6 April 2022 pukul 05.54

    Gokkks! Bener banget nih.
    Ketika lo punya selera yang berbeda, cukup dukung selera masing2. Jangan menjatuhkan yang lain.

    Spread love!

    • sudut pandang vina
      sudut pandang vina 17 Mei 2022 pukul 21.49

      Yups!

  • Abah Abahski
    Abah Abahski 7 Juni 2022 pukul 10.59

    Sudah susah sekarang orang-orang terkhusus netizen kalau bahas selera. Ada aja yang ngejelekin :|

    • sudut pandang vina
      sudut pandang vina 7 Juni 2022 pukul 15.05

      Iyaa, kek ga afdol kalo belum julid wkwkwkw

Add Comment
comment url