Kiat Jatuh Cinta Biar Enggak Mudah Kecewa!

Falling in love
CINTA adalah sebuah anugerah, begitu orang-orang berkata. Cinta membuat kita bahagia, begitu kata mereka yang baru jatuh hati. Cinta bikin hati berbunga-bunga, begitu kata orang puitis. Dan, cinta itu bikin hidup lebih berwarna, begitu kata mereka yang sedang asyik melukis hati.

Awalnya, aku sepakat dan sependapat dengan asumsi orang-orang tentang cinta. Sampai saat ini, semua itu valid dan enggak salah. Namun, perlahan-lahan aku mulai menyadari kalau cinta juga tentang belajar memulihkan luka dan belajar menerima.

Jangan Gegabah, Kiat Jatuh Cinta Biar Enggak Mudah Kecewa!

Siapa sih yang enggak pernah jatuh cinta dalam hidupnya? Ya, meskipun tipis-tipis, tapi seenggaknya pernah suka dan tertarik dengan orang lain, ‘kan? Aku yakin kamu juga sepakat segala asumsi tentang cinta. 

Dalam hidup, kadang kita enggak cuma jatuh cinta sekali, tetapi berkali-kali dalam fase yang berbeda. Melalui perjalanan cinta satu ke yang lain. Melewati perasaan bahagia dan sedih. Merasakan senang hati, bahkan patah hati. Akan tetapi, kenapa, ya, setiap jatuh cinta kadang selalu merasa kecewa?

Banyak hal yang kita enggak sadari dan kita enggak persiapkan. Mungkin karena rasa jatuh cinta terlalu mendominasi, sampai lupa untuk memikirkan hal lebih penting yang akan berdampak bagi kita ke depannya. Padahal permah dikecewain karena cinta. ini dia kiat jatuh cinta biar enggak mudah kecewa!


Kiat jatuh cinta biar enggak mudah kecewa

1. Sadari Kalau Lagi Jatuh Cinta 

Kiat jatuh cinta biar enggak mudah kecewa, pastiin kamu harus sadar kalau kamu lagi jatuh cinta. Cinta itu datangnya suka tiba-tiba dan enggak terduga. Tapi, cinta juga bisa karena kita yang memutuskan atau cinta datang dengan sendirinya.  Kadang, ada orang yang denial, menolak bahwa dia sedang menyukai seseorang. Namun, ada juga orang yang enggak sadar kalau dia lagi jatuh cinta. Memangnya kenapa penting banget sih menyadari perasaan sendiri? Penting karena awareness terhadap perasaan cinta itu dapat membantu kita untuk tetap melangkah atau enggak.

Kalau kita enggak menyadari perasaan cinta itu, kita akan lalai untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi. Kalau kamu sadar lagi jatuh cinta, itu akan memudahkanmu untuk mengambil keputusan. Dan, dengan menyadari perasaan kamu, kamu lebih bisa menghindari perasaan kecewa ataupun patah hati.

2. Pikirkan Risiko dan Konsekuensi

Kalau kamu udah sadar tentang perasaan kamu, selanjutnya kamu akan memutuskan untuk melanjutkan perasaan ini atau enggak? Tentunya dalam setiap pengambilan keputusan akan selalu ada risiko dan konsekuensinya, termasuk ketika kamu jatuh cinta.

Belajar dari yang udah-udah, salah satu faktor utama yang bikin kita mudah kecewa adalah kita enggak memikirkan risiko dan konsekuensi yang akan terjadi saat mencintai. Sebab, saat mencintai kita akan dihadapkan dengan dua kemungkinan: penerimaan atau penolakan.

Semua orang itu pada dasarnya baik kok. Baik ke teman, baik ke keluarga, baik ke pasangan, ataupun baik ke gebetan. Pelajarannya adalah gimana cara kita enggak baper dengan kebaikan seseorang terhadap kita. Kalau misalnya orang yang kita suka itu baik dengan kamu dan kamu baper, kamu akan dihadapkan dengan dua kemungkinan lagi: senang hati atau patah hati.

Bisa aja dia baik ke kamu, ya, karena kamu adalah temannya, enggak lebih dari itu. Pada akhirnya, karena adanya kesalahpahaman, kamu pun patah hati dan merasa dikecewakan. Padahal, dia enggak tahu apa-apa, lo. 

Kiat jatuh cinta biar enggak mudah kecewa adalah kamu harus ukur risiko dan konsekuensi. Pikirin diri dan perasaan kamu ke depannya, kalau cinta enggak memihak padamu. 

3. Menajemen Harapan dan Ekspektasi

Setelah kamu memikirkan risiko dan konsekuensinya, kemudian memilih untuk meneruskan perasaan jatuh cinta, artinya perasaan kamu harus diatur. Salah satu hal yang bikin kita kecewa ketika jatuh cinta adalah karena tingginya harapan dan ekspektasi terhadap orang yang kita suka.

Tentu kita udah sepakat, ya, kalau ketika kita memutuskan untuk mencintai seseorang, bukan berarti orang itu akan mencintai kita balik. Dan, artinya kita sepakat kalau cinta sepihak itu enggak enak. Nah, ketika kita berada di posisi cinta sepihak, kita enggak mendapatkan apa yang kita inginkan di dunia nyata.

Misalnya, kamu punya keinginan perasaan kamu dibalas, tetapi hal itu enggak terjadi di dunia nyata. Kemudian kamu membuat skenario atau cerita cinta di kepalamu. Karakternya adalah kamu dan dia. Kamu sangat mendalami skenario itu dengan emosional sehingga terasa nyata, padahal hanya ilusi. Ilusi dan skenario itu adalah ekspektasi yang kemudian diterima oleh hati. Akhirnya, hati menuai harapan dari ekspektasi yang dibangun di kepala.

Apa yang ada di kepala terasa sangat nyata, tetapi kenyataannya enggak seperti itu. Perasaan cinta itu tumbuh karena skenario yang kita bikin sendiri di kepala, bukan karena apa yang terjadi di dunia nyata. Karena kamu tau, kamu enggak akan mendapatkan perasaan itu di dunia nyata.

Jadi, kamu harus bisa manajemen harapan dan ekspektasi kamu. Berharap sewajarnya aja, apa lagi ke manusia yang dengan mudahnya bisa bikin kita kecewa kapan aja. Jangan sampai menyakiti diri sendiri dan menyalahkan orang lain karena perasaan sepihak.

4. Jujur dengan Perasaan Sendiri

Ini opsi dan enggak semua orang harus melakukannya kok, tetapi poin ini aku rasa cukup efektif untuk kiat jatuh cinta biar enggak mudah kecewa. Walaupun, balik lagi kita harus bisa manajemen harapan dan ekspektasi. Belajar juga untuk menerima kenyataan.

Yaitu jujur dengan perasaan sendiri. Selain sadar dengan perasaan jatuh cinta, enggak ada salahnya kok kalau kamu validasi perasaan itu terhadap diri kamu sendiri. Bahkan, biar perasaan kamu enggak sia-sia, kamu bisa jujur tentang perasaanmu kepada orang yang kamu. Lo, ya malu, dong!

Iya, aku tau itu bukan hal yang mudah dan butuh keberanian. Dan, jujur ini bukan berarti kamu harus menembak atau mengejar orang yang kamu suka. Terutama untuk perempuan. Ketika kamu memutuskan untuk jatuh cinta dan kamu sadar cinta ini sepihak, kamu punya dua pilihan: cinta diam-diam atau jujur langsung ke orangnya.

Kalau cinta diam-diam, tentu rasanya akan terlalu sakit dan menyesakkan. Kalau kamu jujur tentang perasaanmu ke dia, meskipun dia enggak ada rasa yang sama dengan kamu, kamu akan merasa sedikit lebih lega dan bisa menerima bahwa cinta itu enggak harus memiliki.

Cukup bilang, “aku suka sama kamu. Masalah kamu suka sama aku atau enggak, itu hanya bonus untuk aku. Aku cuma mau jujur sama kamu dan jujur dengan diri aku sendiri. Karena aku tau cinta ini hanya sepihak, dengan kamu tau aku suka sama kamu, seenggakmya perasaan aku enggak sia-sia.”

love is wound

5. Cinta bukan Tentang Suka-Suka

Jangan jatuh cinta kalau cuma mau seneng-senengnya doang. Dan, jangan jatuh cinta kalau cuma pengin punya kisah romantis seperti di serial film. Jatuh cinta itu memang mudah, tetapi menjalaninya enggak semudah itu. Banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi.

Kiat jatuh cinta biar enggak mudah kecewa, yuk, realistis. Ini dunia nyata bukan dunia peran. Mencintai itu butuh kedewasaan, kebijaksanaan, kebesaran hati. Semua itu yang akan membantu kamu untuk bisa berjalan meskipun sedang dalam kondisi patah hati.

Perjalanan cinta itu bukan hanya memberi warna dalam hidup dan merangkai bunga dalam hati, melainkan perjalanan cinta itu salah satu pembelajaran hidup untuk kita bisa memaknai cinta lebih dalam lagi.

Cinta bukan sekadar suka dan suka melainkan cinta juga tentang duka dan duka. Ketika perasaan kamu berbalas, mungkin awalnya kamu akan senang hati, tetapi selanjutnya bagaimana kamu bisa mempertahankan perasaan yang sama itu. Dan koma ketika perasaanmu enggak berbalas kamu juga harus belajar untuk menerimanya.

Jangan mau diperbudak cinta, nanti kamu kecewa. Ketika jatuh cinta, tetap pegang kendali diri kamu, terutama perasaan kamu sendiri. Kendalikan pula pikirmu dari segala ekspektasi yang memicu harapan tinggi. Kamu enggak boleh runtuh hanya karena jatuh cinta, tetapi kamu harus menjadi tangguh karena jatuh cinta. 

ITU DIA kiat jatuh cinta biar enggak mudah kecewa. Memang sulit tetapi itu baik untuk kesehatan hati kamu dan hidup kamu! 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url