Erina Gudono, Istri Kae Sang Pangarep yang Berprestasi!

Erina Gudono
Instagram: erinagudono

ERINA GUDONO akhir-akhir ini menjadi perbincangan warganet karena dirinya dinikahi oleh anak bungsu presiden, Kae Sang Pangarep. Memangnya Erina Gudono itu siapa sih? Kok bisa berhasil membuat si kocak Kaesang kepincut?

Seperti yang kita ketahui bahwa Kaesang adalah anak presiden yang cukup nyeleneh kalau bikin postingan di Twitter. Makin nyeleneh dan bikin ngakak ketika dirinya telah menjadi suami sah Erina Gudono.

Selain meledek para followers-nya yang jomlo, Kaesang juga tidak henti-hentinya memamerkan kesehariannya sebagai sosok suami. Contohnya seperti menanggapi cuitan warganet di Twitter tentang problema rumah tangga.

Pada acara laga Persis Solo di Stadion Manahan pada Piala Presiden 2022 lalu, Kaesang hadir bersama sosok perempuan yang menarik perhatian masyarakat. Hal tersebut mengundang spekulasi bahwa pemilik Sang Pisang itu membawa gandengan baru alias pasangan barunya.

Tidak lain dan tidak bukan, sosok perempuan tersebut adalah Erina Gudono. Sosok yang berhasil membuat Kaesang Pangarep jatuh hati dan menjadikannya pasangan hidup.

Mengenal Sosok Erina Gudono

Perempuan cantik asal Yogyakarta ini memiliki nama lengkap Erina Sofia Gudono. Lahir di Pensylvania, Amerika Serikat, pada 11 Desember 1996. Artinya saat ini Erina sudah menbinjak usia 26 tahun.

Erina adalah anak dari seorang dosen di UGM yaitu Muhammad Gudono dan Sofia Gudono. Ayahnya sudah meninggal beberapa tahun silam.

Meskipun masih tergolong muda, kiprah Erina tidak bisa diremehkan. Sebab, perempuan itu memiliki berbagai prestasi yang membanggakan.

Erina pernah menjadi Brand Strategist di Tokopedia, Brand Management di PnG, serta Project atment System Policy Department Assistant Manager Apprenticeship di Bank Indonesia, dan Kepala manajer Asto Watch. Erina juga adalah seorang Asia Analyst di JP Morgan.

Pendidikan di Universitas Bergengsi

Erina baru saja menyelesaikan kuliahnya 2018 lalu di universitas ternama di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM). Berhasil meraih gelar sarjana berpredikat cumlaude pada jurusan Administrasi dan Manajemen Bisnis.

Selain itu, Erina juga mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk Melanjutkan studi S2 di universitas bergengsi di Amerika Serikat, Columbia University dengan jurusan Administrasi Publik sejak tahun 2021.

Erina juga pernah mengikuti pendidikan di The Chinese University of Hong Kong dan Showa Women’s University di Jepang. Bahkan perempuan cantik itu juga pernah menjabat sebagai Indonesia Intelligent Tourism Ambassador tahun 2019-2020.

Perempuan yang telah menjadi istri Kaesang ini pun pernah menjadi delegasi UGM (Indonesia) untuk Harvard World Model United Nation pada 2017.

Cinta Budaya Jawa dan Memiliki Jiwa Sosial

Meskipun lahir di negeri orang, Erina justru tumbuh dan menjadi perempuan yang cinta akan budaya Jawa. Diberitakan bahwa Erina fasih dalam berbahasa jawa. Tidak hanya itu, dia juga pandai membaca dan menulis aksara Jawa.

Selain itu, Erina juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tampak dari keinginan besarnya bahwa Erina ingin melanjutkan yang selama delapan tahun ini kegiatan sosialnya sudah dilakukan.

Kegiatan tersebut menaruh peduli pada pendidikan dan membangun sekolah untuk anak-anak marginal di Yogyakarta.

Jiwa sosial Erina Gudono juga memberikan advokasi atau pembelaan terhadap kesenjangan ekonomi di Yogyakarta, terdampak pula kemiskinan pada para perempuan dan anak-anak. Alhasil mereka tidak mendapatkan akses ke dunia pendidikan. Hal tersebut menghasilkan hampir 1000 anak dan perempuan putus sekolah per tahun akibat kemiskinan.

Dan selama delapan tahun bersama komunitas Takesbook Indonesia bermitra dengan Sekolah Gajahwong, Komunitas Sekolah Marjinal, dan Harapan Fian Yogyakarta membantu para perempuan dan anak-anak di komunitas marginal Yogyakarta dengan memberikan kesempatan untuk mengemban pendidikan.

Upaya yang dilakukan yaitu dengan menyediakan program-program donasi kejar paket ABC, donasi buku kalistung, pelatihan kewirausahaan, membantu para marginal mendapatkan KTP agar aksesnya dapat dipermudah terhadap hak-hak dasarnya.

Karena jiwa sosialnya itu Erina juga aktif dalam mengikuti gerakan Save Street Children Indonesia pada 2015. Erina juga berpartisipasi dalam Komunitas Harapan Fian Yogyakarta, Komunitas Sekolah Marjinal, dan Takesbook Indonesia.

Deretan Prestasi-Prestasi Erina Gudono

Selain menjadi perempuan yang berpendidikan, tentu saja tidak luput dari deretan prestasinya yang banyak sekali itu. Apa saja sih prestasi yang berhasil diraihnya?

  • 11 besar finalis kontes kecantikan Puteri Indonesia 2022 mewakili DIY
  • Duta UMKM (2016-3017)
  • Juara 1 Business Project Competition di Tokyo, Jepang
  • Menjadi Dimas Diajeng Kabupaten Sleman sekaligus menjadi Dimas Diajeng Yogyakarta (2018)
  • Duta Pariwisata (2019-2020)
  • Meraih Most Social Spirited Scholar dari UGM FEB Award
  • Juara 1 di National Business Plan Competition
  • Juara 1 AIESEC Social Initiative Competition
  • Juara 1 penulisan Esai to Represent Indonesia in Australia Libertarian Conference

Kaesang dan Erina
Instagram: erinagudono

Wah, kalau modelannya seperti Erina Gudono sih siapa pun bakal kepincut. Apalagi Kaesang Pangarep yang meski konyol, tetapi bisa menjatuhkan pilihan pada perempuan cantik yang bertalenta seperti Erina.

Hal yang membuatku kagum adalah betapa Erina memiliki jiwa sosial yang tinggi. Terutama tentang advokasinya terhadap anak-anak dan perempuan dalam berpendidikan.

Artinya, Erina memiliki kepedulian yang besar untuk orang-orang sekitarnya. Aku selalu suka dengan seorang perempuan yang berjiwa sosial seperti punya nilai tersendiri.

Sesuatu yang kukagumi juga dari sosok Erina adalah meskipun dia lahir di negeri orang, tetapi dia fasih berbahasa jawa bahkan memamahami aksara jawa yang menurutku cukup sulit.

Sebab, saat ini jarang sekali ditemukan seseorang yang lihai dalam menekuni budayanya sendiri. Bahkan kadang-kadang—termasuk aku—masih suka lupa dan kesulitan dengan aksara daerah sendiri.

Erina secara tidak langsung memotivasiku untuk lebih aware dengan kebudayaan tempat tinggal sendiri. Minimal dapat mengetahui kosakata daerah sendiri.

Hal menggelitik juga sempat mencuri perhatian ketika Erina telah menjadi istri sah Kaesang. Yang mana Erina membuat snapgram yang mereview tahu petis yang dibuatkan Kaesang.

Di mana di snapgram tersebut Erina Gudono menuliskan, ‘tahu petis buatan suami enak banget. Rasanya seperti tahu petis ...’, hm, kok jadi takut finalis Puteri Indonesia 2022 ini tertular virus kocaknya Kaesang, ya?

——

Referensi:

• https://www.celebrities.id/amp/fakta-menarik-erina-gudono-j9JH89?page=2

• https://www.google.com/amp/s/betv.disway.id/amp/10932/resmi-jadi-menantu-presiden-jokowi-ini-deretan-prestasi-erina-gudono

• https://hits.zigi.id/profil-dan-biodata-erina-gudono-pendidikan-agama-pacar-karier-ig-10108

• https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/5149007/kilas-balik-erina-gudono-finalis-puteri-indonesia-2022-yang-jadi-calon-istri-kaesang


Next Post Previous Post
2 Comments
  • Wakhid Syamsudin
    Wakhid Syamsudin 26 Desember 2022 pukul 15.36

    Semoga menjadi pasangan berbahagia, langgeng selamanya. Sakinah mawadah wa rahmah.

    • sudut pandang vina
      sudut pandang vina 12 Januari 2023 pukul 15.05

      Aamiinnnn

Add Comment
comment url